Selasa, 11 Juni 2013

Catur Bukan Sekedar Olahraga

Catur adalah olahraga yang mengandalkan kekuatan  otak kita untuk mengatur strategi baik itu dalam menyerang maupun bertahan. Catur bisa di mainkan di segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Saya sendiri sudah menyukai catur sejak SD tapi Saya selalu di kacang-kacangin. Tapi itu tidak terjadi saat SMP dan SMA karna Saya masih dikacang-kacangin. Walaupun Saya tidak terlalu pandai tapi masih bisa lah kacang-kacangin anak kecil. Bermain catur itu itu sangat simpel. Kenali dulu bidakmu, pahami karakternya dan ketahui kekuatannya. Setelah itu Kita tinggal mengatur strategi dengan cara khas kita sendiri. Dalam melakukan penyerangan juga harus mengetahui teknik-teknik dasar. Yang terpenting kita mempunyai Plan A, Plan B, Plan C bahkan kita harus banyak menciptakan perencanan apabila rencana-rencana yang kita atur telah gagal. Dalam permainan Catur  cara yang paling efektif dalam mengasah strategi kita bukan dengan cara kita sering bermain dan sering berlatih, tapi dengan cara sering melihat dan mengamati orang-orang bermain Catur, dengan cara itu kita bisa menebak apa langkah-langkah apa saja yang akan dilakukannya, kita juga bisa mengetahui teknik-teknik baru yang diciptakan yang bisa kita aplikasikan dalam permainan kita. 


Saya dulu sering bermain dengan Bapak Saya, katanya: "inti bermain catur itu kita harus punya tujuan dan mencapai tujuan itu bisa dilakukan dengan segala cara, tapi jangan pernah untuk tidak melihat permainan lawan dan melupakan pertahanan. Lawan yang hebat itu lawan yang mengetahui semua pergerakan kita, tugas kita adalah bagaimana lawan kita tidak bisa membendung serangan kita walaupun dia sudah mengetahuinya". Ketika Saya bermain dengan Bapak Saya, Saya jarang sekali mengalami kemenangan, dan jika Saya sudah menang dengan susah payah Bapak Saya dengan enteng menjawab: "Bapak lagi gak serius tadi". Pelajaran yang bisa Saya ambil ialah pengalaman itu sangat berarti dan ketidakseriusan membuat pengalaman itu menjadi sia-sia.

Filosofi permaianan Catur bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari diantarannya yaitu:

  1. Kita harus memiliki tujuan hidup dan untuk mencapai tujuan tersebut kita harus melakukan perencanaan dengan matang. Jangan pantang menyerah jika kita mengalami kegagalan karna masih banyak cara untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Jangan pernah menunjukkan rasa ragu. Dalam permainan Catur bila kita sudah merasa ragu untuk langkah berikutnya maka sudah dipastikan kita akan kalah. Begitu juga dalam kehidupan jika kita sudah merasa ragu bahkan tidak tau mau berbuat apalagi sudah bisa dipastikan kita akan gagal. Buang rasa ragu itu dan yakinkan bahwa yang kita lakukan akan berdampak baik bagi kita.
  3. Kenali diri sendiri terlebih dahulu. Kita harus mengetahui apa saja yang kita miliki, apa saja kekuatan yang kita miliki dan peran apa saja yang bisa dilakukan dari yang kita miliki. Dari semua itu kita bisa mengandalkan apa yang kita miliki dengan semaksimal mungkin.
  4. Kenali lawan. Dengan mengenali apa-apa saja yang dimiliki lawan kita dapat mengetahui kelemahan dari lawan tersebut. Sehebat-hebatnya lawan pasti ada kelemahannya.
  5. Atur strategi. Mengatur strategi disini sangat penting karna disinilah puncak pertempuran yang sebenarnya. Strategi yang dilakukan bukan hanya semata melakukan penyerangan tapi juga melihat pergerakan lawan dan tetap menjaga pertahanan
  6. Jangan anggap remeh lawan. Seberapa kuat dan seberapa lemahnya lawan kita harus menanggapinya dengan serius. karna dengan menganggap remeh lawan kita tidak mengenali kekuatan lawan yang sebenarnya. seberapa kuatnya kita kalau sudah menganggap remeh lawan sudah dipastikan akan kalah.
Mungkin masih banyak filosofi dari Catur yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tapi yang di atas sudah cukup untuk garis besar yang bisa di tarik. Catur bukan hanya sekedar olahraga adu strategi, adu kepintaran dan adu kemampuan tapi bagaimana Catur bisa membawa kita kepada kekejaman dunia yang sebenarnya.

2 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html