Selasa, 30 Juli 2013

Selalu Menyalahkan Orang Lain

Tanpa disadari kita memiliki sifat buruk yaitu selalu menyalahkan orang lain. Dan ini mungkin yang sering kita lakukan sehari-hari. Tidak pernah rasanya menyalahkan diri sendiri pasti ada yang akan menjadi korban untuk kita salahkan. Kita ambil contoh jika terjadi kemacetan di jalan, "pasti ini gara-gara polisi yang gak becus ngatur lalu lintas". kalo dari segi pandang pengendara sepeda motor, "pasti ini gara-gara banyak kali mobil, mobil ini banyak kali makan jalan bikin macet aja". Kalo dari pengendara mobil, "pasti ini gara-gara banyak kali pengendara sepeda motor yang suka motong-motong kayak gak ada aturan". Kalo dari segi pandang polisi, "ini gara-gara banyak kali kendaran yang gak menaati lalu lintas". Gak pernah rasanya terdengar, "ini pasti salahku, kenapa diriku membawa mobil, kenapa diriku gak pakai kendaraan umum aja biar gak macet". Atau "ini pasti salahku, kenapa diriku bawa sepeda motornya motong-motong kayak gak ada aturan". Atau "ini pasti salahku, kenapa diriku bertugas tidak becus sehingga terjadi kemacetan seperti  ini".

Sifat ini bukan muncul dengan sendirinya. Ini adalah buah dari didikan orang tua kita sewaktu kita kecil dulu. Contohnya pas kita kecil dulu, kita lari-lari terus nabrak meja, terus kita nangis, pasti orang tua kita bekata "Dasar meja jahat, dasar meja nakal", kata orang tua kita sambil mukul-mukul meja. Padahal meja itu gak salah, meja itu diam aja di tempatnya gak kemana-mana tapi kenapa meja itu yang disalahkan.

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html