Kamis, 01 Agustus 2013

Siang Puasa Malam Merdeka

Pada saat berpuasa kita memang bukan hanya wajib untuk menahan lapar dan haus saja tetapi kita juga dianjurkan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna dan hal-hal yang menghilangkan pahala puasa termasuk bergunjing atau membicarakan kejelekan orang lain.

Kejadian ini terjadi pada saat kami melaksanakan buka bersama di suatu tempat. Teman Saya sebut saja namanya Dino, saat itu Dia hanya ingin mendeskripsikan seorang anak yang mungkin bisa disebut anak itu autis. Ketika Dia baru sedikit saja mendeskripsikan anak tersebut tiba-tiba teman Saya yang lain sebut saja namanya Sukir, menyambar gak sabar ingin mengucapkan kata-kata, "astagfirullah, istighfar lah kau !!!, masih puasa ini gak boleh ngomongin orang lain." sambar sukir memperingatkan. "Aku kan cuma mendeskripsikan orang itu, gak ada maksudku untuk menjelek-jelekkan dia" bantah Dino. "Tetap aja gak boleh, yang namanya ngomongin orang lain itu mengurangi pahala puasa mu nanti" ujar Sukir menasehati. Dino pun hanya bisa terdiam mendengar nasehat Sukir.

Setelah berbuka puasa tanpa disengaja Sukir ngomongin kejelekan orang lain. Dino yang masih ingat betul kata-kata yang dilontarkan Sukir tadi, kali ini gantian menyambar omongan Sukir, "astagfirullah, istighfar lah kau !!!, gak boleh ngomongin orang lain." sambar Dino memperingatkan. "Kan udah buka puasa, udah boleh lah ngomongin orang lain" kata Sukir membantah. "Astagfirullah, istighfar lah kau !!!" Dino memperingatkan lagi.

Kebanyakan dari kita puasa itu hanya menahan lapar dan haus dan berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang menghilangkan pahala puasa. Namun setelah berbuka puasa kita seperti merayakan kemerdekaan atas apa yang tidak kita lakukan seharian. Yang gak makan dan minum seharian, dibantai terus makan dan minum sepuasnya pas buka puasa sampai badan ini gak bisa bergerak lagi. Yang tadinya pas puasa gak ngomongin orang, pas buka puasa semuanya dikeluarkan tanpa rem.

Sebenarnya puasa itu bukan sebuah tujuan tapi sebuah latihan bagi kita yang tujuannya agar kita tidak melakukan kembali hal-hal yang dilarang dalam berpuasa termasuk bergunjing atau ngomongin orang lain. Kalau tujuan dari puasa tidak tercapai berarti latihan atau puasa yang kita lakukan tidak sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html